Travel Indonesia

Post Page Advertisement [Top]

 Selain ada pegunungan yang menawan, Kulonprogo juga memiliki objek wisata perkebunan. Salah satunya, wisata alam Kebun Tebu Gendu yang eksotis. Kebun Tebu Gendu adalah Hamparan luas perkebunan tebu milik Pabrik Gula Madukismo ini pernah digunakan sebagai lokasi shooting dari film artis kenamaan Fedi Nuril dan Raline Shah lho.

https://www.instagram.com/indoflashlight/

"Menariknya, tanaman tebu ini mengeluarkan bunga cantik yang tak kalah indah dengan bunga lainnya. Adalah Kebun Tebu Gendu, kebun tebu yang berada di sekitaran pinggir jalan di atas perbukitan. Selain itu Kawasan Kebun Tebu Gendu ini pernah menjadi lokasi shooting film yang mengadaptasi novel populer 'Surga Yang Tak Dirindukan' karya Asma Nadia yang di bintangi tiga pemain film papan atas, di antaranya Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril dan Raline Shah," tulis Instagram @indoflashlight, dikutip Kamis (11/6/2020)".


Lokasinya yang berada di perbukitan menjadikan tempat wisata ini sangat indah, terlebih lagi jika tebu sedang berbunga. hasil jepretan pengunjung yang sudah menyaksikan sendiri kecantikannya saat sedang berbunga. Mau berdua dengan orang kesayangan atau beramai dengan sahabat, sama-sama seru. Siap-siap buat teman-teman yang mengikuti Instagrammu iri berat. Keindahannya semakin memukau saat kebun tebu tersebut berbunga. Hamparan hijau akan berpadu dengan bunga tebu yang berwarna putih.Untuk mendapatkan pemandangan memukau tersebut, 

Meski cuma sawah dengan ratusan pohon bahan baku untuk gula ini, tetap bisa menjadi pemandangan yang menyegarkan mata. Apalagi kalau sudah melihat banyak. Berikut beberapa spot foto yang ada di kebun tebu Gendu:


1. Jalan Setapak dan Kebun Tebu

Jalan tersebut  berada tepat di tepi jalan utama. sangat bagus untuk berfoto dengan view kebun tebu yang luas dengan bunga putih di atasnya. seperti sedang di Taman Dandelion, Luar negeri

https://jogja.tribunnews.com/2018/07/09/5-spot-foto-kebun-tebu-gendu-kulonprogo-yang-jarang-dilirik?page=2

2. Rumah Kayu

Banguan Rumah kayu ini memiliki tiga tingkat dan berada di tepi jalan utama di Kebun Tebu Gendu. spot ini memiliki keunikan dan sangat instagramable

https://jogja.tribunnews.com/2018/07/09/5-spot-foto-kebun-tebu-gendu-kulonprogo-yang-jarang-dilirik?page=2

3. Papan Nama Kebun

Lokasi papan nama Kebun Tebu Gendu tak jauh dari rumah kayu. Dalam papan nama tersebut tersedia beberapa informasi mengenai Kebun Tebu Gendu.

https://jogja.tribunnews.com/2018/07/09/5-spot-foto-kebun-tebu-gendu-kulonprogo-yang-jarang-dilirik?page=2

4. Gazebo

Gazebo tersebut terletak di tepi jalan utama kebun tebu Gendu. Gazebo dapat digunakan untuk berfoto dan beristirahat.

https://jogja.tribunnews.com/2018/07/09/5-spot-foto-kebun-tebu-gendu-kulonprogo-yang-jarang-dilirik?page=2

Para pengelola juga menghimbau kelada wisatawan untuk memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar kebun tebu. Objek wisata alam ini berlokasi di Jalan Raya Kaligesing, Gendu, Kaligono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.

Sebagai catatan,
rute untuk menuju Kebun Tebu Gendu dari Yogyakarta melewati jalan Godean, kemudian lurus terus ke arah barat. Ketika sampai di perempatan Kenteng, ambil arah menuju Kalibawang. Selanjutnya, lurus saja menuju ke arah Goa Kiskendo atau Goa Maria sampai menemukan hamparan perkebunan tebu. wisatawan dapat berkunjung saat bulan April hingga Juli, agar bisa menikmati view bunga yang mekar dari kebun tebu itu. 

Pengunjung hanya dikenai Rp2.000 untuk parkir motor dan Rp5.000 untuk parkir mobil. Pengelola juga menyiapkan kotak sukarela bila pengunjung ingin menyumbangkan dana seikhlasnya guna merawat sejumlah spot foto yang dibuat swadaya oleh pengelola.


Saran :

Tempat ini perlu fasilitas tambahan. Seperti spot foto yang diperbanyak, juga bathroom. Jika perlu, bisa ditambahkan pula musala agar memudahkan wisatawan yang beragam Islam untuk menunaikan kewajiban agamanya.



1 komentar:

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan

Bottom Ad [Post Page]