Travel Indonesia

Post Page Advertisement [Top]


Image :
Image : https://www.jogjasuper.co.id/sungai-mudal/

Kabupaten Kulonprogo berada di ujung barat Provinsi DIY. Terletak di jalur selatan Jawa, Kulonprogo memiliki banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata pantai di Kulonprogo cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur di tahun 2023. Berikut destinasi wisata yang ada di Kulonprogo :
Image : https://hitput.com/sungai-mudal-kulon-progo/
Ekowisata Sungai Mudal merupakan salah satu pilihan wisata alam di daerah Kulonprogo yang wajib untuk dikunjungi. Beralamat lengkap di Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo,Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat air terjun menjadikan sungai ini menjadi lebih menarik, air yang jernih dan berwarna biru tosca menyegarkan mata dan pikiran. Untuk sampai ke wisata ini memakan waktu lebih kurang 1 jam 4 menit dari kota Yogyakarta (tergantung kondisi jalan). Ekowisata Sungai Mudal buka setiap hari dari jam 08.30 - 15.30 WIB. 

Pemandangan di Sungai Mudal masih sangat alami terdapat banyak bebatuan dan pohon yang rindang menjadikan hawanya sejuk, serta instagramable untuk yang suka hunting foto. Kolam alami nya tidak hanya 1 , dan kedalamannya bervariasi ada yang 1 meter, 1,5 meter, bahkan sampai 2 meter, jadi tidak perlu khawatir kalau tidak kebagian tempat untuk “ciblon”. Fasilitas di Ekowisata Sungai Mudal ini sangat mumpuni, ada toilet, tempat ibadah, warung-warung dengan harga yang murah meriah, serta gazebo untuk tempat istirahat para pengunjung. Cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, ataupun untuk self healing. Harga tiket masuk ke Sungai Mudal hanya Rp 10.000,00/orang loh…, untuk biaya parkir Rp 2.000,00/motor dan Rp 5.000,00/mobil (harga tiket dan parkir bisa berubah sewaktu-waktu). Dari tempat parkir kita berjalan menaiki tangga untuk sampai ke air terjun tersebut, cukup membuat lelah tapi yakin deh bakalan terbayarkan dengan pemandangan yang indah disana. Untuk yang tidak jago berenang tenang aja… disediakan penyewaan ban ataupun pelampung badan dengan harga yang ramah di kantong. 

Waduk Sermo atau Bendungan Sermo dibangun mulai tahun 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Selain bertujuan untuk sistem irigasi daerah Kalibawang, Waduk Sermo juga dibuka untuk wisata alam. Jarak yang ditempuh dari Jogja kota ialah 1 jam 13 menit (tergantung kondisi jalan), alamat lengkapnya di Sremo tengah rt: 63/23, Sremo Tengah,Hargowilis, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653, untuk harga tiket masuk Rp 6.000,00 dan harga camping Rp 15.000,00 (harga dapat berubah sewaktu-waktu). Wisata ini buka setiap hari dari jam 07.00 – 17.00 WIB, namun bagi pengunjung yang ingin camping Waduk Sermo buka 24 jam. Sekitar waduk banyak sekali tumbuh pepohonan jati yang menambah kesan sejuk dan rindang. Air di Waduk Sermo juga sangat jernih dengan warna kehijauan. Tersedia toilet untuk para pengunjung.  
Selain itu Waduk Sermo juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti pelatihan Tentara Nasional Indonesia (TNI), ajang perlombaan perahu naga atau lomba dayung. 

Termasuk dalam wisata alam yang populer di Kulonprogo, terletak di Kelurahan Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Wisata alam Kalibiru dibangun atas inisiatif masyarakat dengan memulihkan hutan yang tandus dan gersang disana, kembali menjadi hijau dan lestari. Untuk sampai ke tempat wisata ini pen
gunjung harus melewati jalan yang berliku, Wisata Kalibiru memiliki ketinggian 450 mpdl, di ketinggian tersebut para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan mempesona. 

Tiket masuk wisata ini Rp 5.000,00 sangat ramah dikantong..., berbagai spot foto bagus dan permainan tersedia disini, ada flaying fox, High Rope, Trekking, serta Menara Pandang. Di Menara Pandang para pengunjung bahkan bisa melihat keindahan Waduk Sermo. Fasilitas tempat makan dengan sajian kuliner lezat juga ada disini. Selain itu tersedia fasilitas umum lainnya seperti toilet yang bersih dan terawat.
Wisata Kalibiru ini merupakan salah satu pilihan yang sangat cocok bagi kalian yang ingin memicu adrenalin. 

Nama Tumpeng Menoreh adalah hasil dari bentuk bukit yang seperti tumpeng dan menoreh sendiri adalah lokasi dari perkebunan menoreh. Tumpeng Menoreh didirikan oleh musisi legendaris yaitu Erix Soekamti dan diresmikan pada bulan Mei tahun 2021,Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah kita juga bisa melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) karena resto ini buka 24 jam. Tempat ini berlokasikan di desa Ngargoretno yang letaknya di antara Magelang, Jawa Tengah dan Kulon Progo, Yogyakarta. 

Tempat paling indah tentu saja berada di puncak Tumpeng Menoreh, dengan rooftop luas yang mirip landasan helikopter disini kita bisa melihat pemandangan 4 Gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing yang mengelilingi kita 360 derajat. Bagi yang mau berkunjung untuk refreshing bersama keluarga atau pacar bisa datang ke kawasan tumpeng menoreh untuk tiket masuk kalian perlu membayar sebesar Rp50.000 sudah include voucher makan Rp25.000 yang bisa kalian tukarkan di area restoran. tersedia berbagai lauk pauk yang khasnya masakan desa dan tentunya lezat dan nikmat. bisa makan sambil melihat pemandangan alam sekitar. 


tidak hanya masakan desa tetapi kita juga bisa jajan seperti bakso mie ayam dll yang berjualan di sekitar Tumpeng Menoreh. Harapannya Tumpeng Menoreh bisa menjadi doa dan harapan bagi semua orang. untuk fasilitas di area Tumpeng Menoreh di sini fasilitasnya tergolong lengkap seperti musholla, toilet, area merokok, dan masih banyak lainnya.


5. HUTAN MANGROVE 

Destinasi ini dinamai dengan Mangrove Jembatan Api-Api karena mangrove yang tumbuh di sini adalah jenis ‘api-api’ atau avicennia. Spot yang paling menarik dan menjadi ciri khas dari lokasi ini adalah jembatannya yang indah dan instagramable.


Tempat Wisata yang berada di desa jangkaran, KulonProgo ini memang wisata ter top untuk keluarga karena selain dari jembatan api-api disini juga banyak spot foto yang sangat menarik,kita juga bisa naik perahu dari muara pantai congot cukup membayar Rp10000 per orang kita bisa keliling hutan mangrove dengan perahu

Di dalam hutan mangrove ini, kamu akan diajak untuk melewati rimbunnya bakau yang dilengkapi jalan berliku membentuk labirin mini. Di sini juga terdapat 4 jembatan besar yang menyeberangi sungai yang lebarnya sekitar 800 meter.

Hutan Mangrove ini memang terlihat memukau dari spot fotonya juga keren banget, jalannya terbuat dari kayu yang susun dan di tali sangat kuat , ditambah dengan jembatan api yang terbuat dari kayu. 


Yang ingin berkunjung ke sini harus tahu waktu-waktu yang tepat datang ke sini. Dimana, disarankan untuk datang pada pagi hari sekitar pukul 8 – 10 pagi dan sore hari mulai pukul 15:30. Kedua waktu ini sengatan senja belum terlalu menyengat. Semilir angin yang behembus menambah kesejukan tersendiri sehingga, berada di tempat ini bisa dibilang susah untuk move on. Pemandangan yang disuguhkan hutan mangrove ini bagus.



Geblek Pari Nanggulan, tampat makan tempo dulu yang viewnya dikelilingi oleh sawah dan perbukitan. Geblek Pari terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo.

Bagi kamu yang ini kulineran tradisional dan ingin mencari suasana yang berbeda. Kamu bisa menuju ke Geblek Pari Nanggulan. Sebuah tempat makan yang menyuguhkan Suasana Alam dan Persawahan yang hijaudan luas, dan tentunya gak hanya tempatnya nyaman tapi menu masakan dan minumannya tempo dulu yang mengingatkan kita kepada kakek nenek moyang kita. Sambil duduk di tepi sawah menikmati pemandangan yang indah. 

Geblek Pari dikelola oleh sepasang suami istri bernama Popo Yuda dan Mericia Putri, dibuka pertama kali sekitar bulan Oktober 2017. Ide awalnya adalah mengajak lebih banyak orang menikmati pemandangan indah Bukit Menoreh yang dikelilingi hamparan sawah. Geblek Pari menjadi sebutan untuk hamparan sawah indah yang bersebelahan dengan tempat makan ini. Bersantap di sini, selain sawah kamu juga dapat melihat keelokan Bukit Menoreh.

https://www.instagram.com/nanggulan.skuter/

Ada yang spesial di sini Jika ingin menelusuri atau menyusuri persawahan kamu bisa menyewa Skuter Elektrik dan berkeliling di sekitar kawasan pesawahan di sekitar resto dengan menggunakan skuter elektrik. Tempatnya sangat bagus dan kece abis apalagi kamu datangnya sore hari, Dengan latar belakang mentari terbenam dan persawahan.  Sehingga kamu dapat sekalian menikmati sunset di sini. Biaya untuk sewa Skuter  Rp 40ribu / jam.

Kalau beruntung kalian bisa melihat orang lagi membajak sawah pake traktor dan banyak burung-burung di sekitarnya. ini moment yang paling indah yang pernah saya foto.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketentuan Berkomentar:

1. Menautkan link aktif (anchor text) pada komentar secara otomatis akan kami hapus
2. Gunakan fasilitas Name/URL untuk menempatkan link anda
3. Dilarang berkomentar diluar topik artikel (SARA, pornography, provokasi,promosi produk)
4. Dilarang komentar spam
5. Berkomentarlah dengan baik dan sopan
6. Komentar yang tidak sesuai dengan poin diatas tidak akan dipublikasikan

Bottom Ad [Post Page]